Rahasia Malam Lailatul Qadar 1442 H. Simak Doa dan Amalan berikut ini !

  • Bagikan
Rahasia Malam Lailatul Qadar 1442 H. Simak Doa dan Amalan berikut ini !
Rahasia Malam Lailatul Qadar 1442 H. Simak Doa dan Amalan berikut ini !

Dunia Seleb – Malam Lailatul qadar merupakan malam yang amat mulia pada bulan Ramadan. Kemuliaan malam itu digambarkan sebagai malam yang lebih baik dari 1000 bulan.

Dari sejarahnya, malam Lailatulqadar merupakan momen ketika Al Quran diturunkan dari Lauh Al-Mahfuz ke Baitul Izzah atau langit dunia, sebagaimana firman Allah SWT dalam surah Al-Qadr ayat 1-5:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya [Al-Quran] pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu [penuh] kesejahteraan sampai terbit fajar,” (QS. Al-Qadr [97]: 1-5).

Rahasia Malam Lailatul Qadar 1442 H. Simak Doa dan Amalan berikut ini !

Namun tidak ada yang tahu pasti kapan malam Lailatulqadar terjadi. Kendati demikian, Rasulullah SAW sudah mengisyaratkan bahwa malam Lailatulqadar akan jatuh pada salah satu di antara 10 malam terakhir Ramadan.

Baca Juga :  Usia Hana Kirana, Biodata Lengkap Usia, Agama Sosok pengganti Lea Ciarachel

Aisyah RA pernah mengatakan, “Saat memasuki sepuluh akhir Ramadan, Rasulullah SAW fokus beribadah, memperbanyak ibadah di malam hari, dan membangunkan keluarganya untuk beribadah,” (HR Al-Bukhari).

Hadis ini dijadikan Ibnu Bathal sebagai landasan bahwa Lailatulqadar terdapat pada sepuluh akhir Ramadhan. Sementara Abu Ishaq al-Syirazi, dalam kitabnya At-Tanbih menuliskannya sebagai berikut:

ويطلب ليلة القدر في جميع شهر رمضان وفي العشر الأخير أكثر وفي ليالي الوتر أكثر وأرجاها ليلة الحادي والعشرين والثالث والعشرين ويستحب أن يكون دعاؤه فيها اللهم انك عفو تحب العفو فاعف عني

“Dianjurkan mencari Lailatulqadar di setiap malam Ramadan, terutama malam sepuluh akhir dan malam ganjil. Lailatulqadar paling sering diharapkan terjadi pada malam 21 dan 23.

Baca Juga :  Riwayat pendidikan Rachel Vennya dan Profilnya

Saat malam Lailatulqadar disunahkan membaca doa,

اللهم انك عفو تحب العفو فاعف عني

‘Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’

(Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, menyukai orang yang minta ampunan, ampunilah aku).”

Malam Lailatul Qadar 2021 Kapan: Amalan, Doa, Makna, & Keistimewaan

Sementara itu, kebanyakan ulama berpendapat bahwa lailatulqadar terdapat pada sepuluh akhir Ramadan, terutama pada malam ganjil. Hal itu bukan berati Lailatulqadar tidak terjadi pada malam genap atau sebelum sepuluh terakhir.

Sangat mungkin Lailatulqadar hadir di malam genap dan sebelum sepuluh terakhir. Maka dari itu, usahakan beribadah sebanyak mungkin dari awal Ramadan hingga akhir Ramadan.

Baca Juga :  10 Kata Mutiara Idul Fitri Terbaru, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Bisa jadi satu dari sekian banyak ibadah yang kita kerjakan bertepatan dengan malam penuh kemuliaan itu.

Dalam hadits riwayat Ahmad disebutkan, “Siapa yang mendirikan (memperbanyak ibadah) pada malam Lailatulqadar atas dasar keimanan dan keikhlasan, maka dosanya diampuni, baik yang berlalu maupun yang akan datang.”

Hadis ini mengisyaratkan kita untuk terus-menerus dan menjaga konsistensi ibadah di bulan Ramadan karena kita tidak tahu kapan datangnya Lailatulqadar.

Aisyah RA pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasul, andaikan aku bertemu Lailatulqadar, doa apa yang bagus dibaca? Rasul menjawab, ‘Allâhumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annî,’ (Wahai Tuhan, Engkau Maha Pengampun, Engkau menyukai orang yang minta ampunan. Karenanya ampunilah aku),” (HR Ibnu Majah).

  • Bagikan